Kumpulan Soal Uts Kelas I, Ii, Iii, Iv, V, Vi Semester I Ktsp Sekolah Dasar
Secara umum, penilaian yaitu proses sistematis pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, dan interpretasi informasi untuk menunjukkan keputusan terhadap kadar hasil kerja. Penilaian yang diterapkan dalam KTSP yaitu Penilaian Berbasis Kelas (PBK). PBK mempunyai pengertian penilaian sebagai assessment, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh dan mengefektifkan informasi perihal hasil mencar ilmu siswa pada tingkat kelas selama dan sesudah kegiatan mencar ilmu mengajar. Data/informasi dari PBK merupakan salah satu bukti yang sanggup digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu kegiatan pendidikan.
Ragam Penilaian Kelas
1. Tes Tertulis
Tes tertulis merupakan tes dalam bentuk materi goresan pena (baik soal maupun jawabannya). Dalam menjawab soal siswa tidak selalu harus merespon dalam bentuk menulis kalimat balasan tetapi sanggup juga dalam bentuk mewarnai, memberi tanda, menggambar grafik, diagram dan sebagainya.
a. Bentuk instrumen tes dan penskorannya
Obyektif :
1) Pilihan ganda
2) Benar-Salah
3) Menjodohkan
4) Isian singkat
Non Obyektif (Subyektif):
5) Jawaban singkat atau isian singkat
6) Uraian obyektif (Esai berstruktur)
7) Uraian bebas (Esai bebas)
Bentuk instrumen ini sanggup digunakan untuk mengukur kompetensi siswa dalam semua tingkat ranah kognitif.
Kaidah penulisan instrumen bentuk uraian bebas yaitu : (a) gunakan kata-kata menyerupai mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan, tafsirkan, hitunglah dan buktikan; (b) hindari penggunaan pertanyaan menyerupai siapa, apa, kapan, dan lain-lain.
8) Pertanyaan lisan
2. Penilaian Kinerja (Performance Asessment)
Performance Asessment merupakan penilaian dengan banyak sekali macam kiprah dan situasi dimana penerima tes diminta untuk mendemonstrasikan pemahaman dan pengaplikasian pengetahuan yang mendalam, serta keterampilan di dalam banyak sekali macam konteks.
Contoh-contoh alat penilaian kinerja : permainan, drama, demonstrasi, olahraga, bermain musik, bernyanyi, pantomim, berdoa, membaca puisi, berpidato, diskusi, wawancara, debat, bercerita, menari, kerajinan tangan, pesawat sederhana, simpul tali-temali, dan sebagainya.
Ragam Penilaian Kelas
1. Tes Tertulis
Tes tertulis merupakan tes dalam bentuk materi goresan pena (baik soal maupun jawabannya). Dalam menjawab soal siswa tidak selalu harus merespon dalam bentuk menulis kalimat balasan tetapi sanggup juga dalam bentuk mewarnai, memberi tanda, menggambar grafik, diagram dan sebagainya.
a. Bentuk instrumen tes dan penskorannya
Obyektif :
1) Pilihan ganda
2) Benar-Salah
3) Menjodohkan
4) Isian singkat
Non Obyektif (Subyektif):
5) Jawaban singkat atau isian singkat
6) Uraian obyektif (Esai berstruktur)
7) Uraian bebas (Esai bebas)
Bentuk instrumen ini sanggup digunakan untuk mengukur kompetensi siswa dalam semua tingkat ranah kognitif.
Kaidah penulisan instrumen bentuk uraian bebas yaitu : (a) gunakan kata-kata menyerupai mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan, tafsirkan, hitunglah dan buktikan; (b) hindari penggunaan pertanyaan menyerupai siapa, apa, kapan, dan lain-lain.
8) Pertanyaan lisan
2. Penilaian Kinerja (Performance Asessment)
Performance Asessment merupakan penilaian dengan banyak sekali macam kiprah dan situasi dimana penerima tes diminta untuk mendemonstrasikan pemahaman dan pengaplikasian pengetahuan yang mendalam, serta keterampilan di dalam banyak sekali macam konteks.
Contoh-contoh alat penilaian kinerja : permainan, drama, demonstrasi, olahraga, bermain musik, bernyanyi, pantomim, berdoa, membaca puisi, berpidato, diskusi, wawancara, debat, bercerita, menari, kerajinan tangan, pesawat sederhana, simpul tali-temali, dan sebagainya.
Contoh Tugas Penilaian Kerja
Form Penilaian Pembacaan Cerita
Nama Siswa :
Tema dongeng :
Petunjuk :
Tuliskan centang di belakang abjad di mana kemampuan siswa teramati pada waktu bercerita.
Form Penilaian Pembacaan Cerita
Nama Siswa :
Tema dongeng :
Petunjuk :
Tuliskan centang di belakang abjad di mana kemampuan siswa teramati pada waktu bercerita.
3. Penilaian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan atas berkas pilihan yang sanggup menunjukkan informasi bagi suatu penilaian.
Tujuan portofolio :
a. Menghargai perkembangan yang dialami siswa
b. Mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung
c. Memberi perhatian pada prestasi kerja siswa yang terbaik.
Contoh alat penilaian portofolio : puisi, karangan, gambar/tulisan, peta/denah, makalah, laporan observasi, sinopsis, naskah pidato, naskah drama, kartu ucapan, surat, teks lagu, resep masakan, dan sebagainya.
Contoh Tugas Penilaian Portofolio (membuat makalah)
Nama siswa : ...............
Tanggal : ...............
4. 4. Penilaian Proyek
Yang dimaksud proyek yaitu kiprah yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan semenjak dari pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian, sampai penyajian data. Hasil mencar ilmu sanggup dinilai ketika siswa sedang melaksanakan proyek, contohnya pada dikala :
Yang dimaksud proyek yaitu kiprah yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan semenjak dari pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian, sampai penyajian data. Hasil mencar ilmu sanggup dinilai ketika siswa sedang melaksanakan proyek, contohnya pada dikala :
- Merencanakan dan mengorganisasikan investigasi
- Bekerja dalam tim
- Arahan diri
Contoh Tugas Penilain Proyek
Materi : Koperasi Sekolah, cara pengelolaan dan dampaknya bagi sekolah
Perancangan Kegiatan :
Materi : Koperasi Sekolah, cara pengelolaan dan dampaknya bagi sekolah
Perancangan Kegiatan :
- Observasi ke beberapa koperasi sekolah
- Wawancara dengan beberapa hebat dari bidang perkoperasian, pengelola koperasi, dan anggota koperasi.
- Pembuatan laporan/makalah dari kegiatan observasi. Format dibentuk oleh guru dan sanggup juga dikembangkan oleh siswa.
- Mengadakan diskusi di dalam kelas yang dimoderatori oleh guru perihal makalah yang telah disusun menurut hasil observasi tersebut.
Penilaian dilakukan terhadap :
• Keaktifan pada dikala kegiatan wawancara
• Makalah yang dibuat
• Aktivitas dalam diskusi
5. Penilaian Hasil Kerja (Product Asessment)
Penilaian hasil kerja siswa merupakan penilaian terhadap keterampilan siswa dalam menciptakan suatu produk benda tertentu dan kualitas produk tersebut. Terdapat dua tahapan penilaian yaitu : pertama, penilaian perihal pemilihan dan cara penggunaan alat serta mekanisme kerja siswa. Kedua, penilaian perihal kualitas teknik maupun estetika hasil karya / kerja siswa.
Hasil kerja sanggup berupa produk kerja siswa yang bisa saja terbuat dari kain, kertas, metal, kayu, plastik, keramik, dan hasil karya seni menyerupai lukisan, gambar, dan patung. Hasil kerja yang berupa aransemen musik, koreografi, karya sastra tidak termasuk hasil kerja yang dimaksud disini.
Contoh Tugas Penilaian Produk
Tugas : Buatlah rancangan model benda yang memakai roda!
Ketentuan:
• Keaktifan pada dikala kegiatan wawancara
• Makalah yang dibuat
• Aktivitas dalam diskusi
5. Penilaian Hasil Kerja (Product Asessment)
Penilaian hasil kerja siswa merupakan penilaian terhadap keterampilan siswa dalam menciptakan suatu produk benda tertentu dan kualitas produk tersebut. Terdapat dua tahapan penilaian yaitu : pertama, penilaian perihal pemilihan dan cara penggunaan alat serta mekanisme kerja siswa. Kedua, penilaian perihal kualitas teknik maupun estetika hasil karya / kerja siswa.
Hasil kerja sanggup berupa produk kerja siswa yang bisa saja terbuat dari kain, kertas, metal, kayu, plastik, keramik, dan hasil karya seni menyerupai lukisan, gambar, dan patung. Hasil kerja yang berupa aransemen musik, koreografi, karya sastra tidak termasuk hasil kerja yang dimaksud disini.
Contoh Tugas Penilaian Produk
Tugas : Buatlah rancangan model benda yang memakai roda!
Ketentuan:
- Gambar rancangan model!
- Bahan untuk model tertulis dalam rancangan!
- Tentukan spesifikasi materi untuk model!
Contoh penskoran kiprah penilaian produk:
Kriteria penskoran
B = gambar proporsional, materi tertulis lengkap, spesifikasi materi jelas
C = gambar kurang proporsinal, materi tertulis kurang lengkap, spesifikasi materi kurang jelas.
K = gambar tidak proporsional, materi tertulis tidak lengkap, spesifikasi materi tidak jelas.
6. Penilaian sikap
Penilaian sikap merupakan penilaian terhadap sikap dan keyakinan siswa terhadap suatu obyek, fenomena/masalah.
Secara umum, penilaian sikap dalam banyak sekali mata pelajaran sanggup dilakukan berkaitan dengan banyak sekali obyek sikap sebagai berikut :
a. Sikap terhadap mata pelajaran
b. Sikap guru terhadap mata pelajaran
c. Sikap terhadap proses pembelajaran, dan lain-lain.
Penilaian ini sanggup dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:
- Observasi perilaku, contohnya perihal kerja sama, inisiatif, perhatian.
- Pertanyaan langsung, contohnya tanggapan terhadap tata tertib sekolah yang baru
- Laporan pribadi, contohnya menulis perihal “tawuran antar pelajar”
7. Penilaian Diri (Self Assessment)
Penilaian diri di tingkat kelas (PDK) atau Classroom Self Assessment (CSA) yaitu penilaian yang dilakukan sendiri oleh guru atau siswa yang bersangkutan untuk kepentingan pengelolaan kegiatan mencar ilmu mengajar (KBM) di tingkat kelas. Penerapan konsep PDK yaitu sejalan dengan penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang menerapkan penilaian berbasis kelas atau Classroom Based Assessment. Hasil PDK merupakan masukan bagi guru di kelas dan bagi pimpinan sekolah untuk meningkatkan kinerja semua staf dan guru-guru di sekolah di masa datang.
Contoh Penilaian Diri
Format Penilaian Diri Siswa
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Nama Siswa : ……………
Hari : …………………….
1. Terhadap pelajaran Bahasa Indonesia, saya ……………….
2. Tujuan mempelajari atau memahami Bahasa Indonesia yaitu ………….
3. Menurut saya, Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang ……….
4. Semester ini, pokok bahasan yang paling saya sukai dari Bahasa Indonesia yaitu ……………..
Setelah pemaparan perihal sistem penilaian di atas kami sajikan "Kumpulan Soal UTS Kelas I, II, III, IV, V, VI Semester I KTSP Sekolah Dasar".
Dan untuk yang memerlukan silahkan unduh satu perstau filenya di bawah ini.
- [Link Download] Soal UTS Kelas I Semester I
- [Link Download] Soal UTS Kelas II Semester I
- [Link Download] Soal UTS Kelas III Semester I
- [Link Download] Soal UTS Kelas IV Semester I
- [Link Download] Soal UTS Kelas V Semester I
- [Link Download] Soal UTS Kelas VI Semester I
- Soal-Soal UTS Kelas 3 Semester 1 Sekolah Dasar
- Soal UTS / Perguruan Tinggi Swasta SD Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Buku Panduan Penilaian SD (SD)
- Paket Soal dan Kunci Jawaban UTS Matematika Kelas 5 Semester 1
- Download Free Prota dan Promes SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2
- Paket Latihan Soal US SD/MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
- Download Free Soal UKK Sekolah Menengan Atas Lengkap dengan Pembahasannya
- Download Free Kumpulan Soal UKK Tahun 2017 Lengkap Semua Jurusab
Harapan kami Contoh Soal UTS SD KTSP ini sanggup membrikan ilmu sesuai dengan cita-cita tertulis, dengan banyak latihan mengerhjakan soal-soal ini akan menunjukkan dampak faktual terhadap kemajuan bawah umur berolah fikir.
Akhir kata. Mohon maaf masih banyak kekurangan, alasannya yaitu penulis sebagai insan biasa yang tak luput dari kehilapan dan kalfaan. Salam selalu buat semuanya. by www.librarypendidikan.com.
Akhir kata. Mohon maaf masih banyak kekurangan, alasannya yaitu penulis sebagai insan biasa yang tak luput dari kehilapan dan kalfaan. Salam selalu buat semuanya. by www.librarypendidikan.com.
Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal Uts Kelas I, Ii, Iii, Iv, V, Vi Semester I Ktsp Sekolah Dasar"