Jjm Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!
Beberapa Pemyebab JJM di Info GTK tidak Linear dan Solusi nya |
Gurumaju.com – Pada Tahun 2017 ini rasanya Admin menerima berbagai pengaduan dari rekan-rekan OPS Khususnya Operator SD (SD) dimana berbagai rekan-rekan Operator yang mengalami hambatan sebab kebanyakan dilema dengan JJM Linear.
Untuk Mengatasi Masalah JJm Linear, terlebih dahulu kita mencari tau apa dilema yang dialami sehingga JJM Linear salah. meskipun JJM pada Aplikasi Dapodik sudah benar 24, namun belum tentu benar pada JJM Linear pada Laman Info GTK. Untuk itu silahkan untuk melihatnya pada Laman Info GTK kemudian perhatikan cuilan rincin Rombel. Pada rincian Rombel tersebut, akan ada keterangan dimana letak invalidnya. Sehingga dari keterangan invalid tersebut sanggup dipakai sebagai pola untuk memperbaiki datanya di aplikasi dapodik.
1. Jumlah JJM Wajib dan Wajib Tambahan dalam 1 rombel melebihi batas maksimal.
Solusi : Pastikan pengisian JJM di masing-masing rombel tidak melebihi batas maksimal.
2. Dalam Pembagian Rombel Kurang dari 20 Siswa
Jika dalam 1 kelas terdapat 39 siswa, maka jangan Anda bagi menjadi 2 rombel, misal: 1A = 20 Siswa dan 1B = 19 Siswa, dengan bencana tersebut maka sanggup dipastikan untuk guru yang mengajar di kelas 1B JJM nya tidak akan diakui dalam laman Info GTK, sebab kelas 1B tergolong dalam Rombel tidak Normal.
Solusi : Jika terjadi Kasus menyerupai Diatas, maka jangan hingga Anda membagi Rombel yang jikalau dibagi salah satu rombelnya kurang dari 20 Siswa. biarkan tetap dalam Satu Rombel (Rombel Gemuk)
Baca Juga:
- Panduan Pengisian Nilai Raport dan US/USBN Pada Aplikasi Dapodik
- Download Contoh Profil Sekolah Format Excel
- Cek SKD Sekolah Kedinasan Menggunakan Aplikasi Android
- Panduan Verpal PD untuk Operator SD
3. Kode mapel bidang sertifikasi tidak sesuai dengan mapel yang diajar.
Kasus berikutnya yaitu sebab isyarat mapel yang berbeda dengan mapel yang diajar ketika ini.
Sebagai contoh :
- Guru SD dengan Kode Mapel 061 Bidang Study Lainnya, ketika ini mengajar guru kelas SD/MI (027) atau PJOK (220).
- Guru Sekolah Menengah Pertama dengan Kode Mapel 104 Kesenian, Budaya dan Keterampilan, ketika ini mengajar Seni Budaya (217) atau Keterampilan (227).
- Guru Sekolah Menengah Pertama dengan Kode Mapel 124 Biologi, ketika ini mengajar IPA Terpadu (097) Dari perbedaan isyarat mapel itulah yang menciptakan JJMnya tidak linier. Untuk kasus ini sebaiknya dikonsultasikan kepada Operator SIM Tunjangan yang bertugas di Dinas Pendidikan Kab./Kota.
4. Tugas komplemen sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan kepala laboratorium sudah expired.
Masa berlaku surat kiprah sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan dan kepala laboratorium yaitu 1 tahun. Jika di info GTK terdapat keterangan SK kiprah komplemen tidak valid, itu artinya harus memperbarui surat kiprah tersebut, kemudian di kolom kiprah komplemen diperbarui sesuai surat kiprah terbaru.
5. Di kolom Penugasan isian Keaktifan PTK belum dicentang
Pastikan keaktifan PTK dicentang hingga dengan bulan ketika ini. Setelah semua data yang invalid diperbaiki dan sinkronisasi, selanjutnya menunggu dan memantau perkembangan INFO GTK. Berapa usang Info GTK akan berubah, sanggup dilihat dari Info Proses Data di pojok kiri atas laman INFO GTK.
CARA CEK INFO GTK BACA DISINI
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin menawarkan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan bahagia hati untuk meresponnya.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...
Posting Komentar untuk "Jjm Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!"