Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 -  Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melaksanakan proses pembelajran, mengedintifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan untuk menentukan langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Dimana tahapan pembelajaran menurut standar proses yaitu pembelajaran yang diwujudkan dengan aktivitas penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP yaitu perencanaan pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada permendikbud.

Dimana RPP yang disusun harus berdasarkan Permendikbud 22 – 24 tahun 2018 dan tentunya RPP yang di buat harus terintegrasi diantaranya
  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. 
  • Mengintegrasikan literasi; keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
Bagi guru Ilmu Pengetahuam Sosial yang ketika ini sedang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berikut ini kami sajikan untuk anda teladan RPP Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9 kurikulum 2013 Revisi 2018 ( terintegrasi PPK ,literasi ,4C, dan HOTS) dan tentunya RPP Matematika kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 di susun berdasarkan materi yang terdapat buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 (Buku pegangan guru &dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2018 

Adapun materi yang terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dijadikan sumber atau materi pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut
  • Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut).  Sumber Daya Manusia , jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan;  kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan keragaman etnik (aspek-aspek budaya . Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya)  Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
  • Perubahan sosial budaya Globalisasi (dalam bidang iptek, ekonomi, komunikasi, transportasi, budaya). Dampak nyata dan negatif globalisasi terhadap kehidupan kebangsaan. Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
  • Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). Pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasipenduduk, transportasi, lembagasosial,ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dankesejahteraanmasyaraat. Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa).
  • Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan RI, peristiwa heroik sekitar proklamasi, proses legalisasi kedaulatan. Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpindalam  menghadapi bahaya disintegrasi bangsa (antara lain: DI/TII, APRA, Andi Aziz, Pembebasan irian Barat, G30S/PKI) dan kerja sama Internasional (antara lain: KAA, Gerakan Non Blok, dan PBB). Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia masa Orde Baru. Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa reformasi. Mengenal tokoh-tokohpada masa awal kemerdekaan  hingga reformasi

Posting Komentar untuk "Rpp Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019"