Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Dan Pedoman Evaluasi Soal Kurikulum 2013 Evaluasi Final Semester (Pas) Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 Kelas 2 Dan 5 Sekolah Dasar

Selamat pagi sahabat library pendidikan semua, biar sehat selalu, alasannya yakni kesehatan merupakan perihal yang sangat berharga bagi melaksanakan segala ativitas sehari-hari, bagaimana bisa beraktivitas kalau jiwa dan raga kita tidak sehat. Maka dari itu hiduplah sehat. Karena menjaga kesehatan merupakan sebaian dari menjaga kebersihan, menjaga kebersihan sebagian dari iman.

 Selamat pagi sahabat library pendidikan semua KISI-KISI DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL KURIKULUM 2013 PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 KELAS 2 DAN 5 SEKOLAH DASAR
KISI-KISI DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL KURIKULUM 2013 PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 KELAS 2 DAN 5 SEKOLAH DASAR
Mari kita ke pokok pembahasan yaitu Kisi-Kisi dan Pedoman Penilaian Soal PAS Kelas 2 dan 5 Sekolah Dasar. 

Penilaian kompetensi membutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan yang matang. Agar hasil yang diperoleh dari pengolahan sanggup dimanfaatkan secara maksimal. Proses perencanaan sanggup dilakukan dengan menentukan kompetensi yang akan diukur. Kompetensi yang akan diukur telah dikembangkan oleh tokoh-tokoh pendidikan. Tokoh-tokoh yang membuatkan kompetensi mencakup Benjamin S. Bloom, Quellmalz, R. J. Mazano, Robert M. Gangne, David Krathwohl, Norman E. G. dan Linn dan Grouloud.

Dalam penentuan kompetensi terlebih dahulu ditentukanlah bahan yang akan digunakan. Setelah menentukan bahan yang digunakan, langkah selanjutnya adalah  menentukan sikap yang akan diukur berdasarkan rumusan kompetensi baik standar kompetensi maupun kompetensi dasar yang diadaptasi dengan kemampuan akseptor didik di kelas. Namun, sebelum melaksanakan penilaian, alangkah baiknya apabila kita mengetahui pengertian penilaian terlebih dahulu.
Penilaian berdasarkan Permendikbud No 66 tahun 2013, penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian-pencapaian kompetensi akseptor didik yang mencangkup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, ulangan tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah.

Penilaian pengetahuan merupakan penilaian potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Tahapan-tahapan pengetahuan tersebut merupakan perbaikan yang dilakukan Krathwohl terhadap taksonomi Blomm. Penilaian pengetahuan sanggup dilakukan memakai tes tertulis, lisan, maupun penugasan.

Cakupan penilaian pengetahuan berdasarkan Permendikbud Nomor 60 tahun 2013 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural. Pengetahuan faktual merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan termonologi atau istilah serta bab detail ihwal unsur. Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan penggolongan, katagori, teori prinsip, generalisasi, model, dan struktur. Pengetahuan prosedural yakni pengetahuan mengenai alogoritma dalam melaksanakan sesuatu. Teknik penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan,dan penugasan. Tes tertulis, lisan, dan penugasan memerlukan butir soal di dalam penggunaannya.

Terdapat langkah-langkah di dalam menyusun soal. Langkah penyusunan soal meliputi:  (1) menentukan tujuan tes, (2) menentukan kompetensi yang akan diujikan, (3) menentukan bahan yang akan diujikan, (4) menetapkan penyebaran butir soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk penilaian, (5) menyusun kisi-ksi, (6) menulis butir soal, (7) memvalidasi butir soal, (8) merakit soal, (9) menyusun aliran penskoran, (10) uji coba butir soal, (11) analisis butir soal secara kuantitatif dari data hasil empiric, dan (12) perbaikan. Terdapat penyususunan kisi-kisi di dalam uraian langkah-langkha tersebut. Kisi-kisi merupakan deskripsi kompetensi dan bahan yang akan diujikan. Tujuan pembuatan kisi-kisi yakni menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam memahami soal. Kisi-kisi yang baik yakni kisi-kisi sanggup mewakili isi silabus atau bahan yang telah diajarkan, komponen-komponennya gampang diuraikan dan dipahami, serta bahan yang akan diujikan sanggup dibuatkan soalnya.

Penyusunan kisi-kisi tidak sanggup dilepaskan dari penyusunan indikator. Indikator yang berada di dalam kisi-kisi merupakan aliran dalam merumuskan soal yang dikehendaki. Indikator yang baik yakni indikator yang memakai kata kerja operasional yang tepat, memakai satu kata kerja operasional untuk pilihan ganda, dan satu atau lebih untuk soal yang berbentuk uraian. Kata kerja operasional yang sanggup dipakai untuk membuat indikator haruslah sesuai dengan sempurna untuk setiap soalnya.

Bapak dan Ibu Guru tidak usah repot untuk menentukan pemetaan dalam membuat kisi-kisi soal alasannya yakni kami telah menyediakan sebuah aplikasi yang sederhana menyerupai di bawah ini.




Klik untuk menentukan kelas 2 atau kelas 5.

Silahkan download atau unduh filenya.
Rupanya sudahlah cukup untuk postingan kali ini. Semoga membantu Bapak Ibu guru dalam menentukan dan membuat kisi-kisi yang sesuai aturan.

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi Dan Pedoman Evaluasi Soal Kurikulum 2013 Evaluasi Final Semester (Pas) Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 Kelas 2 Dan 5 Sekolah Dasar"