Download Pola Rpp Atau Perangkat Pembelajaran Untuk Praktek Peer Teaching
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 ihwal Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP secara lengkapnya Perangkat Pembelajaran, merupakan pekerjaan seorang guru termasuk kepala sekolah, mengapa kepala seolah? Kepala Sekolah merupakan kiprah pemanis tetap yang menjadi pokoknya itu yaitu sebagai pendidik. Oleh alasannya itu setiap guru apabila akan melaksanakan tugasnya dalam menawarkan materi kepada penerima didiknya terlebih dahulu guru tersebut harus menyusun RPP. Dalam melaksanakan profesinya seorang guru wajib memiliki Perangkat Pembelajaran, tanpa Perangkat Pembelajaran maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai
Dengan adanya teladan Perangkat Pembelajaran yang akan sajikan mudah-mudahan membantu Bapak/Ibu guru mendapat citra ihwal Perangkat Pembelajaran yang lengkap, mengapa tengkap alasannya Perangkat Pembelajaran ini memuat semua kompnen mulai dari Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan LKS, dan Penilaian, termasuk materi ajar/materi, dan lengkap dengan kisi-kisi penilaian, alasannya RPP yang biasa dipergunakan jarang ada memuat kisi-kisi.
Contoh Perangkat Pembelajaran pernah saya gunakan ketika PLPG dan Kegiatan OJL sebagai calon Kepala Sekolah, dan alhasil alhamdulilah tidak mengecewakan.
SILABUS
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/II
Standar Kompetensi : Bilangan
Melakukan operasi hitung pada pecahan
dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Mengubah bentuk pecahan ke bantuk desimal Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar |
Operasi Hitung Pecahan | 1. Siswa sanggup menyebutkan pembilang, penyebut pada bilangan pecahan 2. Siswa sanggup mengubah bilangan pecahan biasa ke dalam bentuk decimal | - Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal | Prosedur : - Tes Awal - Tes Proses - Tes Akhir Jenis Tes : - Lisan - Tulisan | 1 x 35 menit | - Kurikulum KTSP Kls VI - Buku Matematika Kls VI hal 94-95 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN. Karyamukti 01
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/II
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
I. | Standar Kompetensi | ||
Bilangan | |||
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah | |||
II. | Kompetensi Dasar | ||
Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal | |||
III. | Indikator | ||
- | Menyebutkan pembilang dan penyebut pada bilangan pecahan (kognitif) | ||
- | Menjelaskan cara mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk desimal (proses) | ||
- | Berlatih mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal (psikomotor) | ||
Apektif : | |||
a. | Mengembangkan berprilaku berkarakter mencakup : teliti, tanggung jawab, kerjasama dan terbuka | ||
b. | Menunjukan kemampuan keterampilan sosial mencakup : bertanya, menjadi pendengar yang baik. | ||
IV. | Tujuan Pembelajaran | ||
Kognitif | |||
- | Proses | ||
1. | Menyebutkan pembilang dan penyebut pada bilangan pecahan | ||
2. | Mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk desimal | ||
- | Psikomotor | ||
Siswa berlatih mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk bilangan desimal | |||
Apektif | |||
a. | Karakter | ||
Selama proses pembelajaran, siswa terlibat dan sanggup membuktikan dalam berprilaku berkarakter, mencakup : teliti, tanggung jawab, berhubungan dan terbuka | |||
b. | Keterampilan Sosial | ||
Selama proses pembelajaran, siswa terlibat dan sanggup membuktikan kemampuan dalam keterampilan sosial, mencakup : bertanya, kerjasama dalam diskusi, mengerjakan LKS. | |||
V. | Materi Pembelajaran | ||
Operasi Hitung Pecahan | |||
5.2 | Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal | ||
Contoh : mengubah ke bentuk desimal |
1/2 = 0,5 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1/4 = 0,25 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| B |
Standar Kompetensi | ||||
Bilangan | ||||
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah | ||||
Kompetensi Dasar | ||||
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal | ||||
Indikator | ||||
Mengubah pecahan biasa kebentuk desimal | ||||
Dengan media berupa benda konkrit, misalnya dengan buah apel. | ||||
lima buah apel dibagikan kepada empat anak dengan sama banyak.
Apel b diberikan kepada anak b Apel c diberikan kepada anak c Apel d diberikan kepada anak d Hanya apel e belum dibagikan ke empat anak tersebut. Maka apel e harus dibelah sama besar biar ke empat anak tersebut mendapat apel sama banyak.
Jadi | ||||
Bisa saja dengan contoh/ilustrasi 2 ibarat di bawah ini. |
Contoh 1/ilustrasi : 2. Mengubah pecahan ke bentuk desimal |
1,25 | ||||||||
5 dibagi 4 menghasilkan 1 sisa 1 | ||||||||
( 1 x 4 ) | 10 dibagi 4 menghasilkan 2 sisa 2 | |||||||
( 2 x 4 ) | 20 dibagi 4 menghasilkan 5 sisa 0 | |||||||
( 5 x 4 ) | ||||||||
Jadi | = 1,25 | |||||||
Cara Kerja Cara menggunkan media pada dikala pembelajaran, guru melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut : | ||||||||
1. | Guru menjelaskan mengubah bilangan pecahan biasa ke dalam bentuk desimal dengan menggukan media yang telah dibuat. | |||||||
2. | Siswa mewakili teman yang lain ke depan mengisi, mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk desimal yang terdapat pada media tersebut. | |||||||
3. | ||||||||
4. | Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pelajaran | |||||||
Sumber Buku Matematika Kelas VI Halaman : 94 s.d 95 Karangan : YD. SUMANTO Karangan : HENI KUSUMAWATI Karangan : NUR AKSIN Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional | ||||||||
............., ............. | |
Mengetahui | Guru Kelas |
Kepala Sekolah | |
......................... | ....................... |
NIP. ................... |
Posting Komentar untuk "Download Pola Rpp Atau Perangkat Pembelajaran Untuk Praktek Peer Teaching"