Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Pendidikan Agama Islam Dan Kebijaksanaan Pekerti Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Sd/Mi)

SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI) - Pendidikan Agama memang sangat penting sekali sama dengan pendidikan lain pada umumnya. Karena pondamental dan penanaman akhlakurkarimah dan kecerdikan pekerti seseorang dibuat melalui pendidikan agama.
A. Rasional
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang secara fundamental menumbuhkembangkan adat penerima didik melalui penyesuaian dan pengamalan anutan Islam secara menyeluruh (kaffah).Oleh alasannya yaitu itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai suatu mata pelajaran diberikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler. 

SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara tenang dan serasi (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis kegiatan pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk menyebarkan huruf penerima didik lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai sikap (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berlandaskan pada aqidah Islam yang berisi perihal keesaan Allah Swt. sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi insan dan alam semesta. Sumber lainnya yaitu adat yang merupakan manifestasi dari aqidah, yang sekaligus merupakan landasan pengembangan nilai-nilai huruf bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang ditujukan untuk sanggup menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam:
  1. Membentuk insan Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. serta berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur (Hubungan insan dengan Allah Swt.)
  2. Menghargai, menghormati dan menyebarkan potensi diri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan (Hubungan insan dengan diri sendiri).
  3. Menjaga kedamaian dan kerukunan korelasi inter dan antar umat beragama serta menumbuhkembangkan adat mulia dan kecerdikan pekerti luhur (Hubungan insan dengan sesama).
  4. Penyesuaian mental keislaman terhadap lingkungan fisik dan social (Hubungan insan dengan lingkungan alam).
Berdasarkan pada prinsip di atas, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin yang mengedepankan prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.

SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.
Islam yang humanis berarti memandang kesatuan insan sebagai mahluk ciptaan Allah, mempunyai asal-usul yang sama, menghidupkan rasa perikemanusiaan,  dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik. Nilai-nilai Islam humanis yang sanggup diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi penerima didik SD/MI diantaranya adalah: kasih sayang, peduli sesama, kerja sama, hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, berkata baik, sopan dan santun, ikhlas, hidup tertib, dan hidup sederhana.

Islam yang toleran  mengandung arti bersikap menghargai pendapat, pandangan, kepercayaan, atau kebiasaan yang berbeda dengan pendirian seseorang, juga tidak memaksa, tetap berlaku baik, lemah lembut, dan saling memaafkan.Nilai-nilai Islam toleran yang sanggup diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi penerima didik SD/MI di antaranya adalah: sifat pemaaf, saling menghargai, saling mengingatkan, dan berbaik sangka.

Demokratis berarti yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi sesama dengan mengutamakan kebebasan berekspresi, berkumpul,dan mengemukakan pendapat sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.Nilai-nilai Islam demokratis yang sanggup diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi penerima didik SD/MI di antaranya adalah: teguh pendirian, disiplin, tanggung jawab, dan berbaik sangka.

Multikultural berarti bersikap mengakui, akomodatif, dan menghormati perbedaan dan keragamaan budaya, untuk mencari dan memudahkan hubungan sosial, serta bahu-membahu demi mencapai kebaikan bersama. Nilai-nilai multikultural dalam Islam yang sanggup diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi penerima didik SD/MI di antaranya adalah: kerja sama, tolong-menolong,  mengendalikan diri, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik. 

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,  dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan penerima didik. 

B. Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan penerima didik dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan ini kemudian dirumuskan secara khusus dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai berikut:
  1. menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pembinaan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman penerima didik perihal Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt.; dan
  2. mewujudkan insan Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu insan yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta menyebarkan budaya agama dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.

C. Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
Kompetensi PAI dan Budi Pekerti di SD/MI
Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam SD Kelas I s.d. VI mengikuti elemen pengorganisasian kompetensi dasar (KD) yang mengacu pada kompetensi inti (KI). Kompetensi Inti pada kelas I s.d. VI yaitu sebagai berikut :
Lihat pada riview tayangan di bawah ini.



Silahkan Download/unduh filenya di bawah ini.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diberikan semenjak SD hingga SMA/SMK sebagai mata pelajaran, dan nilai-nilainya terintegrasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Nilai-nilai tersebut diperkuat melalui pengkondisian kegiatan penerima didik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pada jenjang SD, kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan untuk meletakkan dasar-dasar agama dan kecerdikan pekerti penerima didik.
Setelah akibat di download atau di unduh silahkan edit oleh Bapak/Ibu Guru. Semoga bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Silabus Pendidikan Agama Islam Dan Kebijaksanaan Pekerti Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Sd/Mi)"