Rpp Kelas 4 Semester 1 Sd/Mi Tema 1, Tema 2, Tema 3 Revisi 2017
Sahabat sebelumnya marilah kita sedikit mengingat kembali wacana pengertian dan penjelasn RPP sebagai perangkat pembelajaran.
Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] ialah planning yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini sanggup diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan mencar ilmu yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus memiliki perbedaan, meskipun dalam hal tertentu memiliki persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk merampungkan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga asumsi waktunya belum tahu niscaya berapa pertemuan yang akan dilakukan.
Sementara itu, planning pelaksanaan pembelajaran ialah penggalan-penggalan acara yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya sehabis pertemuan selesai.
1. Tujuan dan Fungsi RPP
Tujuan planning pelaksanaan pembelajaran ialah untuk :
(1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses mencar ilmu mengajar;
(2) dengan menyusun planning pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi jadwal pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sementara itu, fungsi planning pembelajaran ialah sebagai pola bagi guru untuk melakukan acara mencar ilmu mengajar ( acara pembelajaran ) biar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain planning pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh sebab itu, planning pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.
2. Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyususnan planning pelaksanaan pembelajaran ialah :
a. Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta bahan dan submateri pembelajaran, pengalaman mencar ilmu yang telah dikembangkan didalam silabus;
b. Menggunakan banyak sekali pendekatan yang sesuai dengan bahan yang memperlihatkan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
c. Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
d. Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.
3. Komponen-komponen RPP
Komponen-komponen planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan permendiknas Nomor 41 tahun 2007 wacana standar proses terdiri dari :
1. Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.
2. Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal akseptor didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran.
3. Kompetensi dasar
Kompetensi dasar ialah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai akseptor didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai acuan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4. Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi ialah sikap yang sanggup diukur dan/ atau diobservasi untuk pertanda ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang dibutuhkan dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6. Materi ajar.
Materi asuh memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
7. Alokasi waktu.
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8. Metode pembelajaran
Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar pembelajaran biar akseptor didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi akseptor didik, serta karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik dipakai untuk akseptor didik kelas 1 hingga kelas 3 SD/MI.
9. Kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan acara awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam acara pendahuluan, guru : (1) menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; (2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari; (3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan (4) memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, klarifikasi terperinci dan konfirmasi.
c. Penutup
Penutup merupakan acara yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang sanggup dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
Itulah sekilas wacana pengertian dan klarifikasi wacana planning pelaksanaan pembelajaran atau disingkat RPP.
Baiklah kini kita akan share postingan wacana "RPP Kelas 4 Semester 1 SD/MI Tema 1, Tema 2, Tema 3 Revisi 2017".
Di dalam RPP Kurikulum 2013 setiap kelas memuat tema yang terdiri dari beberapa tema, dan setiap sub tema terdiri dari beberapa pembelajaran. Semua RPP harus dikerjakan oleh guru yang melakukan PBM.
Berikut RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kelas 4 Semester 1 untuk SD/MI, yang sanggup di unduh / di download oleh Bapak dan Ibu Guru.
RPP K-2013 SD Kelas 4 Semester 1
Tema 1 Sub Tema 1
4.1.1.1. Indahnya Kebersamaan >>> unduh di sini
4.1.1.2. Indahnya Kebersamaan >>> unduh di sini
4.1.1.3. Indahnya Kebersamaan >>> unduh di sini
4.1.1.4. Indahnya Kebersamaan >>> unduh di sini
4.1.1.5. Indahnya Kebersamaan >>> unduh di sini
4.1.1.6. Indahnya Kebersamaan >>> unduh di sini
Tema 1 Sub Tema 2
4.1.2.1. Keberagaman Budaya Bangsaku >>> unduh di sini
4.1.2.2. Keberagaman Budaya Bangsaku >>> unduh di sini
4.1.2.3. Keberagaman Budaya Bangsaku >>> unduh di sini
4.1.2.4. Keberagaman Budaya Bangsaku >>> unduh di sini
4.1.2.5. Keberagaman Budaya Bangsaku >>> unduh di sini
4.1.2.6. Keberagaman Budaya Bangsaku >>> unduh di sini
RPP K-2013 SD Kelas 4 Sem 1 Revisi Tema 2 Selalu Berhemat Energi >>> unduh di sini
RPP K-2013 SD Kelas 4 Sem 1 Revisi Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup >>> unduh di sini
Semoga saja RPP Kelas 4 Semester 1 SD/MI Tema 1, 2, 3, Revisi 2017, juga Penjelasan dan pengertian dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai perangkat pembelajaran. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam librarypendidikan.
Posting Komentar untuk "Rpp Kelas 4 Semester 1 Sd/Mi Tema 1, Tema 2, Tema 3 Revisi 2017"