Download, Unduh Format Pemetaan Kd Dan Penetapan Kkm Kurikulum 2013 Sd Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Excel
Format Pemetaan KD dan KKM Kurikulum 2013 SD Hasil Revisi
Dalam aktivitas pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh citra secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari aneka macam mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan ialah :
1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan aktivitas pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam berbagi indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan aktivitas pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam berbagi indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik akseptor didik
- Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
- Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau sanggup diamati
2. Menentukan tema
a. cara penentuan tema
Dalam memilih tema sanggup dilakukan dengan dua cara yakni:
a. cara penentuan tema
Dalam memilih tema sanggup dilakukan dengan dua cara yakni:
- Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan memilih tema yang sesuai.
- Cara kedua, memutuskan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk memilih tema tersebut, guru sanggup berhubungan dengan akseptor didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
b. Prinsip Penentuan tema
Dalam memutuskan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
- Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
- Dari yang termudah menuju yang sulit
- Dari yang sederhana menuju yang kompleks
- Dari yang faktual menuju ke yang abstrak.
- Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
- Ruang lingkup tema diubahsuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
a. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini sanggup dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
b. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
c. Penyusunan Rencana Pembelajaran
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun planning pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman berguru siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen planning pembelajaran tematik meliputi:
Dalam memutuskan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
- Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
- Dari yang termudah menuju yang sulit
- Dari yang sederhana menuju yang kompleks
- Dari yang faktual menuju ke yang abstrak.
- Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
- Ruang lingkup tema diubahsuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
a. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini sanggup dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
b. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
c. Penyusunan Rencana Pembelajaran
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun planning pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman berguru siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen planning pembelajaran tematik meliputi:
- Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
- Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
- Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
- Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara faktual yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber berguru untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, aktivitas ini tertuang dalam aktivitas pembukaan, inti dan penutup).
- Alat dan media yang dipakai untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber materi yang dipakai dalam aktivitas pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
- Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan dipakai untuk menilai pencapaian berguru akseptor didik serta tindak lanjut hasil penilaian).
Nah kini kita masuk pada pokok/inti artikel, marilah simak dan silahkan unduh di bab paling bawah postingan ini.
DOWNLOAD, UNDUH FORMAT PEMETAAN KD DAN PENETAPAN KKM KURIKULUM 2013 SD KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 EXCEL
Pemetaan KD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
KKM kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ini sangatlah diharapkan untuk menciptakan sebuah perencanaan dalam pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Dalam hal ini dimana Guru sebagai fasilitator dari pada pendidikan, diwajibkan untuk menciptakan yang namanya KI dan KD.
KI dan KD dalam Kurikulum 2013 SD yang kami bagikan ini untuk seluruh kelas jenjang sekolah dasar, diantaranya yaitu :
kelas 1
kelas 2
kelas 3
kelas 4
kelas 5, dan
kelas 6.
KI dan KD dalam Kurikulum 2013 SD yang kami bagikan ini untuk seluruh kelas jenjang sekolah dasar, diantaranya yaitu :
kelas 1
kelas 2
kelas 3
kelas 4
kelas 5, dan
kelas 6.
Rekap KD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Sengaja kami bagikan ini untuk membantu dan memudahkan Bapak dan Ibu dalam melakukan manajemen pembelajaran. Pemetaan KI dan KI ini bisa dikembangkan untuk jadwal pelajaran, jadwal pembelajaran, menciptakan format evaluasi dan ini bisa dikerjakan secara berdikari oleh Bapak dan Ibu Guru.
Berikut ini kami sediakan format pemetaan KD dan KKM yang bisa diubahsuaikan dengan keadaan sekolah daerah Bapak dan Ibu bekerja.
Demikian yang sanggup diberikan untuk Bapak dan Ibu biar meringankan pekerjaan sehari-hari sebagai rutinitas mendidik, mengajar, mengayomi akseptor didik. Jadilah guru, guru profesional. Semoga saja sukses. Amin
Terima kasih atas kunjungannya.
Terima kasih atas kunjungannya.
Posting Komentar untuk "Download, Unduh Format Pemetaan Kd Dan Penetapan Kkm Kurikulum 2013 Sd Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Excel"