Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Instrumen Evaluasi Perilaku Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

Contoh Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://duniainformasisemasa329.blogspot.com// ini akan membahas dan membagikan file perihal Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019.

Pengertian
Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai verbal dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap sanggup dibentuk, sehingga terjadi sikap atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini yaitu verbal dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian acara yang dirancang untuk mengukur sikap akseptor didik sebagai hasil dari suatu agenda pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama evaluasi sikap sebagai bab dari pembelajaran yaitu refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap akseptor didik secara individual.

Cakupan Penilaian Sikap
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan akseptor didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan akseptor didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang  Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.
Pada jenjang SMK/MAK, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: menghayati dan mengamalkan  anutan agama yang dianutnya dan  KI 2: menghayati dan mengamalkan sikap perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan pro-aktif dan menerangkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Teknik Observasi
Observasi merupakan teknik evaluasi yang dilakukan secara berkesinambungan dengan memakai indera, baik secara pribadi maupun tidak pribadi dengan memakai instrumen  yang berisi sejumlah indikator sikap yang diamati. Observasi pribadi dilaksanakan oleh guru secara pribadi tanpa mediator orang lain. Sedangkan observasi tidak pribadi dengan derma orang lain, menyerupai guru lain, orang tua, akseptor didik, dan karyawan sekolah. 
Bentuk instrumen yang dipakai untuk observasi yaitu pedoman observasi yang berupa daftar cek atau skala evaluasi (rating scale) yang disertai rubrik. Daftar cek dipakai untuk mengamati ada tidaknya suatu sikap atau perilaku. Sedangkan skala evaluasi memilih posisi sikap atau sikap akseptor didik dalam suatu rentangan sikap. Pedoman observasi secara umum memuat pernyataan sikap atau sikap yang diamati dan hasil pengamatan sikap atau sikap sesuai kenyataan. Pernyataan memuat sikap atau sikap yang positif atau negatif sesuai indikator pembagian terstruktur mengenai sikap dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar. 

Penilaian Diri
Penilaian diri merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta akseptor didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai berupa lembar evaluasi diri memakai daftar cek atau skala evaluasi (rating scale) yang disertai rubrik. 
Skala evaluasi sanggup disusun dalam bentuk skala Likert atau skala semantic differential. Skala Likert yaitu skala yang sanggup dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang mengenai suatu tanda-tanda atau fenomena.  Sedangkan skala semantic differential yaitu skala untuk mengukur sikap, tetapi bentuknya bukan pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu garis kontinum di mana tanggapan yang sangat positif terletak dibagian kanan garis, dan tanggapan yang sangat negatif terletak di bab kiri garis, atau sebaliknya.
Data yang diperoleh melalui pengukuran dengan skala semantic differential yaitu data interval. Skala bentuk ini biasanya dipakai untuk mengukur sikap atau karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang. 

Penilaian Antarpeserta didik
Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta akseptor didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai untuk evaluasi antarpeserta didik yaitu daftar cek dan skala evaluasi (rating scale) dengan teknik sosiometri berbasis kelas. Guru sanggup memakai salah satu dari keduanya atau memakai dua-duanya.

Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan perihal kekuatan dan kelemahan akseptor didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. 
Kelebihan yang ada pada jurnal yaitu peristiwa/kejadian dicatat dengan segera. Dengan demikian, jurnal bersifat orisinil dan objektif dan sanggup dipakai untuk memahami akseptor didik dengan lebih tepat. Sementara itu, kelemahan yang ada pada jurnal yaitu reliabilitas yang dimiliki rendah, menuntut waktu yang banyak, perlu kesabaran dalam menanti munculnya insiden sehingga sanggup mengganggu perhatian dan kiprah guru, apabila pencatatan tidak dilakukan dengan segera, maka objektivitasnya berkurang. 
Terkait dengan pencatatan jurnal, maka guru perlu mengenal dan memperhatikan sikap akseptor didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Aspek-aspek pengamatan ditentukan terlebih dahulu oleh guru sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diajar. Aspek-aspek pengamatan yang sudah ditentukan tersebut kemudian dikomunikasikan terlebih dahulu dengan akseptor didik di awal semester. 

Dan masih banyak Contoh Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda sanggup pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Posting Komentar untuk "Contoh Instrumen Evaluasi Perilaku Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019"