Buku Petunjuk Evaluasi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill)
Gurumaju.com – Download Buku Petunjuk Penilaian Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skil) yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Buku Petunjuk Penilaian Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill) |
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill). Materi buku ini bertujuan untuk membekali guru semoga bisa melaksanakan penilaian berbasis HOTS sehingga siswa terbiasa dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) semoga terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik. Penilaian berguru akseptor didik dilakukan oleh pendidik yang mencakup aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh gosip deskriptif mengenai sikap akseptor didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan akseptor didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan akseptor didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. Penilaian hasil berguru oleh pendidik ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru akseptor didik secara berkesinambungan.
Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan akseptor didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil berguru dibutuhkan sanggup membantu akseptor didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), alasannya ialah berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong akseptor didik untuk berpikir secara luas dan mendalam perihal bahan pelajaran.
Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan akseptor didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
- Memberikan pola kepada guru dalam menyebarkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan pola kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan pola pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Sasaran penggunaan Buku Petunjuk Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini ialah sebagai berikut:
- Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
- Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
- Kepala Sekolah /Madrasah.
- Pengawas Sekolah /Madrasah.
Silahkan Download dan pelajari Buku Panduan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill), melalui tautan dibawah ini:
Demikian gosip mengenai Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi Tahun 2018 yang sanggup Admin sampaikan. Terima kasih telah berkunjung, Semoga sanggup bermanfaat untuk kita semua.
Sumber https://www.gurumaju.com
Posting Komentar untuk "Buku Petunjuk Evaluasi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill)"