Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp Matematika Smp Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019

rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013. selamat berjumpa lagi rekan-rekan guru dimanapun berada yang selalu bercita-cita untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Terlepas dari peran kita sebagai pendidik yang begitu banyak tugas serta tanggung jawab baik itu mengajar di kelas maupun persiapan sebelum masuk kelas pastinya kita akan selalu disibukan dengan administrasi.

rekan guru dimanapun berada yang selalu bercita rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019

Maksudnya administrasi di sini adalah persiapan perangkat pembelajaran baik itu RPP, Silabus ataupun bahan ajar. Untuk semuanya itu kami yakin banyak dari kita Guru-guru yang sangat dipusingkan dengan perangkat pembelajaran tersebut. Bahkan banyak dari kita teman dekat-teman dekat Guru-guru yang mencari Literatur ataupun contoh RPP dari search di Om google. Dan kebetulan pada saat yang sama teman dekat-teman dekat guru browsing ketemulah dengan link kami ini. Baiklah untuk tidak berlama-lama kami akan mempersembahkan beberapa contoh RPP Matematika SMP Kurikulum 2013 (Revisi).

rpp matematika kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018

Adapun beberapa komponen-komponen dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan permendiknas Nomor 41 tahun 2007 perihal standar proses dapat dijelaskan secara terperinci sebagai berikut :
  1. Identitas mata pelajaran.  meliputi beberapa hal diantaranya : satuan pendidikan, kelas yang diajarkan, semester, program keahlian, mata pelajaran, jumlah pertemuan. 
  2. Standar kompetensi.  adalah kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). Standar kompetensi tersebut diharapkan dapat dicapai pada setiap kelas untuk satu semester pada suatu mata pelajaran. 
  3. Kompetensi dasar. ialah kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa pada mata pelajaran tertentu sebagai patokan dalam penyusunan indikator kompetensi pada mata pelajaran. 
  4. Indikator pencapaian kompetensi. ialah sikap atau perilaku yang dapat diukur serta ditinjau yang menunjukan ketercapaian suatu kompetensi tertentu yang menjadi acuan penilaian. Indikator pencapaian kompetensi disusun dengan mempergunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati. Indikator pencapaian Kompetensi harus meliputi beberapa aspek segi pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). 
  5. Tujuan pembelajaran. menggambarkan suatu proses dan hasil belajar yang dikehendaki dapat tercapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar yang sudah disusun. 
  6. Materi ajar. Merupakan sebuah rangkuman materi yang menerangkan konsep, fakta, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan disusun oleh guru dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan dari indikator pencapaian kompetensi yang sudah disusun oleh guru. 
  7. Alokasi waktu.  dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan untuk tercapainya Kompetensi Dasan serta beban belajar. 
  8. Metode pembelajaran. Guru dapat menggunakan suatu metode pembelajaran untuk mendapatkan suasana belajar yang lebih baik sehingga siswa dapat mencapai KD yang sudah diputuskan. Pemilihan dari metode pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan keadaan serta karakteristik siswa di masing-masing kelas sehingga indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9. Kegiatan pembelajaran. adapun bagian-bagain dari suatu kegiatan pembelajaran yaitu:

  • Pendahuluan. Pada kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran di kelas yang ditujukan untuk mempersembahkan motivasi serta memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan ini hal-hal yang dilakukan guru adalah sebagai berikut : (a) Guru mempersiapkan siswa dari segi psikis dan fisik agar dapat melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan baik, (b) Guru mempersembahkan beberapa pertanyaan yang diselaraskan pada pengetahuan dan ingatan siswa sebelumnya dan juga memberitahukan materi pelajaran yang akan diajarkan dan dipelajari saat itu, (c) Guru mempersembahkan penjelasan berupa tujuan dari pembelajaran serta KD yang akan dicapai pada pertemuan itu dan juga (d) Guru mempersembahkan penyampaian ketercapaian materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 
  • Kegiatan Inti. Pada kegiatan inti guru akan mempersembahkan pemaparan berupa materi pelajaran secara sistematis baik melalui proses elaborasi, eksplorasi maupun konfirmasi. 
  • Penutup. Pada Tahap ini kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru adalah mengakhiri aktifitas pembelajaran dalam bentuk rangkuman/kesimpulan, penilaian/refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran untuk pertemuan tersebut.
10.  Penilaian hasil belajar. Pada tahap ini guru akan menyusun langkah-langkah atau prosedur penilaian yaitu penilaian proses serta hasil belajar siswa selama satu pertemuan. Guru akan menciptakan penilaian yang didasari pada indikator pencapaian kompetensi serta berpedoman kepada Standar Penilaian.
11.  Sumber belajar. Pada bagian ini guru akan memilih sumber belajar yang didasari pada SK/KD, materi ajar, indikator pencapaian kompetensi serta kegiatan dari sebuah pembelajaran di kelas.

Pada peluang kali ini kami akan bagikan rpp matematika kelas 9 semester 1 kurikulum 2013
beserta rpp matematika kelas 9 semester 2 kurikulum 2013.

Berikut ini kami akan membagikan beberapa rpp matematika smp kelas 9 kurikulum 2013 doc yang dapat teman dekat-teman dekat download atau unduh dibawah ini.

rpp matematika kelas 9 semester 1 kurikulum 2013

Download Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar
Download Barisan dan Deret
Download Perbandingan Bertingkat
Download rpp Kesebanguan dan Kekongruenan kurikulum 2013
Download Bangun Ruang Sisi Lengkung
Download Statistika

rpp matematika smp kelas 9 semester 2 kurikulum 2013

Download Peluang
Bidang Cartesius (download)
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (download)
Fungsi Kuadrat (download_1, download_2)

Demikian postingan kami mengenai rpp matematika smp kelas 9 Kurikulum 2013 semoga dapat bermanfaat

Posting Komentar untuk "Rpp Matematika Smp Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019"