Rpp Biologi Kelas 10 Semester 2 & 1 K13 Revisi 2019 Terbaru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2018 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2018) |
Sekolah : SMAN Unggul Pidie Jaya
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/Genap
Materi Pokok : Plantae
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.8 Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan | 3.8.1 Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae. 3.8.2 Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji berdasarkan ciri-cirinya. 3.8.3 Mengklasifikasi pada tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. 3.8.4 Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku dan biji. 3.8.5 Membuat charta perkembangbiakan dan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. 3.8.6 Menemukan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan. |
4.8 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan | 4.8.1 Menyajikan data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan. 4.8.2 Membuat tabel hasil penggalian informasi memanfaatkan plantae. |
B. Tujuan Pembelajaran
Sesudah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae.
2. Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji berdasarkan ciri-cirinya.
3. Mengklasifikasi pada tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji.
4. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku dan biji.
5. Membuat charta perkembangbiakan dan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji.
6. Menemukan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan.
7. Menyajikan data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan.
8. Membuat tabel hasil penggalian informasi memanfaatkan plantae.
C. Materi Pembelajaran
Plantae
• Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji
• Peran tumbuhan dalam ekosistem
• Peran tumbuhan di bidang ekonomi
• Dampak berkurangnya keguakaragaman tumbuhan bagi ekosistem
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi dan Eksperimen
Model : Discovery Learning
E. MediaPembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium biologi dan masukananya (peralatan yang akan dipakai selama satu tahun ajaran)
Ø Daftar peralatan di lab biologi
Ø Lembar tata tertib keselamatan kerja laboratorium biologi
Ø Lembar kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh setiap siswa aspek keselamatan kerja
Ø misal laporan tertulis
Ø Bahan Presentasi
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
F. Sumber Belajar :
· Buku Biologi Kls X Kemdikbud
· Buku lain yang menunjang
· Multimedia interaktif dan Internet
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Ø Fungi/Jamur v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menerangkan perihal materi : Ø Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: : nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji yang baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji. v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
2. Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Ø Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menerangkan perihal materi : Ø Peran tumbuhan dalam ekosistem v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi Peran tumbuhan dalam ekosistem yang baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem. v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
3. Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Ø Peran tumbuhan dalam ekosistem v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menerangkan perihal materi : Ø Peran tumbuhan di bidang ekonomi v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Peran tumbuhan di bidang ekonomi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: : nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
A. PenilaianPembelajaran dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian (terlampir):
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : menyampaikan apa adanyamenyampaikan apa adanya
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan peluang untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menerangkan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut misal format penilaian :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, aku ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan peluang untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai kawannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru sudah menerangkan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut misal format penilaian kawan sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau menerima pendapat kawan. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah saat diberi Koreksi. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | |||||||
2 | Pelafalan | |||||||
3 | Kelancaran | |||||||
4 | Ekspresi | |||||||
5 | Penampilan | |||||||
6 | Gestur |
- Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka sudah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang sudah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
misal instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | ||||
2 | Keserasian pemilihan kata | ||||
3 | Kesesuaian penerapan tata bahasa | ||||
4 | Pelafalan |
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Teknik mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | ||||
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan | ||||
3 | Kemampuan mengolah kata | ||||
4 | Kemampuan menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk(Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru materi “Ruang Lingkup Biologi”. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau mempersembahkan tugas individu terkait dengan topik yang sudah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sesudah jam pelajaran selesai).
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ........................
Kelas/Semester : ........................
Mat Pelajaran : ........................
Ulangan Harian Ke : ........................
Tanggal Ulangan Harian : ........................
Bentuk Ulangan Harian : ........................
Materi Ulangan Harian : ........................
(KD/Indikator : ........................
KKM : ........................
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Sesudah Remedial | Ket. |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
dst, |
b. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang sudah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran “Ruang Lingkup Biologi”. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan mempersembahkan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
Posting Komentar untuk "Rpp Biologi Kelas 10 Semester 2 & 1 K13 Revisi 2019 Terbaru"