Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Fls2n Smp Tahun 2017
Dalam upaya pemdiberian ruang bagi kreativitas dan potensi siswa Sekolah Menengah Pertama di bidang seni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu untuk menyelenggarakan acara kesenian untuk mewadahi verbal dan kreativitas siswa. Melalui arena berkesenian itu dibutuhkan sanggup dibangkitkan potensi dan bakat siswa sebagai masyarakat masyarakat yang memperlihatkan prestasi karya, sekaligus pujian bagi dunia pendidikan khususnya dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Untuk itulah tahun 2017 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama akan melanjutkan penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP.
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Siswa Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 bertujuan untuk :
1. menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di seluruh wilayah NKRI;
2. membina dan meningatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra;
3. menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
4. membuatkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global.
Persyaratan Peserta menurut Juknis Juklak FLS2N Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017
Persyaratan p eserta FLS2N ialah siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai diberikut :
1. Peserta FLS2N tahun 2017 bukan juara FLS2N tahun 2016;
2. Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa Sekolah Menengah Pertama dan masih aktif ketika mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
3. Siswa yang terpilih sebagai akseptor terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan.
4. Bukan juara 1, 2, 3 atau peraih trophy pada tahun sebelumnya.
Berikut Jadwal FLS2N Sekolah Menengah Pertama 2017 sesuai Petunjuk Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017
Jadwal FLS2N Sekolah Menengah Pertama 2017 sesuai Petunjuk Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 |
Jenis Lomba dalam FLS2N Sekolah Menengah Pertama 2017 sesuai Juknis Juklak FLS2N Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017
A. Lomba Gitar Solo
1. Latar Belakang
Gitar ialah instrumen yang sangat terkenal di masyarakat, demikian juga di kalangan siswa, khususnya usia siswa sekolah menengah pertama (SMP). Selain mudah untuk dibawa, juga ekonomis, serta cukup digandrungi di kalangan siswa. Untuk itu perlu diciptakan wadah bagi siswa untuk mengekspresikan dan aktualisasi diri, melatih kepekaan dan kehalusan rasa, kreativitas, disiplin dan tanggung jawaban, melalui gitar.
2. Tujuan
a. Mengembangkan potensi serta menyalurkan minat dan bakat seni musik siswa.
b. Mendorong kreativitas siswa bermain musik, khususnya gitar klasik.
c. Mengasah kepekaan/ memperhalus rasa dalam upaya pembentukan aksara siswa.
d. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, cinta tanah air dan memupuk sikap saling menghargai antar sesama siswa.
e. Menumbuhkan rasa saling menghargai keguakaragaman budaya bangsa.
3. Subtema Lomba
Tema Lomba cabang lomba/Gitar Solo tingkat Sekolah Menengah Pertama ialah pengembangan kecakapan hidup berbasis nilai-nilai kearifan lokal, nasional dan global dalam membentuk aksara positif, produktif dan inovatif siswa semoga mempunyai sikap belajar sepanjang masa dalam rangka menyatukan kebhinekaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Materi Lomba
( Lihat lampiran Juknis lengkap )
5. Ketentuan Lomba
Setiap akseptor menampilkan 3 ( tiga ) buah lagu yaitu : lagu wajib, lagu sekolah dan lagu daerah.
a. Lagu Wajib (pilih salah satu dari 5 lagu yang tersedia) :
1). Anonimous “Green Sleeves“
2). Debbie Cracknell ”Pepé’s Sombrero‘‘
3). F. Tarrega “Study in C “
4). Napoleon Coste “Allegretto“
5). Jürg Kindle “Die Elefanten“
b. Lagu Sekolah (pilih satu dari 5 arransemen lagu yang tersedia):
1). Moh. Syafei “Indonesia Subur“ - Arransemen Eddy Husni Rachim
2). H. Mutahar “Syukur“ - Arransemen Eddy Husni Rachim
3). C. Simanjuntak “Mari Berdendang“ – Arransemen Eddy Husni Rachim
4). W. R. Supratman “Ibu Kartini“ – Arransemen Eddy Husni Rachim
5). Ibu Sud “Menanam Jagung Tema dan Variasi” - Arransemen Eddy Husni Rachim*)
Keterangan*) : Untuk lagu Menanam Jagung:
1. Untuk tingkat kabupaten/kota spesialuntuk memainkan tema saja (halaman 1)
2. Untuk tingkat nasional (babak penyisihan) : menentukan dan memainkan salah satu dari: tema, variasi 1, variasi 2 dan variasi 3.
3. Untuk tingkat nasional ( babak tamat ) : memainkan tema dan salah satu dari variasi 1, 2 atau 3.
c. Lagu Daerah
Lagu dari tempat masing-masing akseptor yang diarransir oleh peserta/guru/pelatih tempat masing-masing dengan durasi terbaik 3 menit. Untuk tingkat nasional, arransemen lagu tempat diserahkan sebanyak tiga (3) rangkap kepada panitia pada ketika technical meeting tingkat nasional.
B. Festival Kreativitas Musik Tradisional
1. Latar Belakang
Menyediakan masukana untuk bermain musik bagi siswa, ialah satu diantara upaya untuk melestarikan, mengembangkan, dan memanfaatkan jenis kesenian tradisi, khususnya seni musik tradisional.
Bermain musik ialah masukana mengasah kepekaan rasa, memperhalus kecerdikan pekerti, mengajarkan sikap santun, disiplin, yang lambat laun sifat-sifat tersebut akan tertanam dalam jiwa anak, dan dibutuhkan pada saatnya kelak anak sebagai generasi penerus bangsa mempunyai kecerdikan pekerti dan aksara yang luhur.
2. Tujuan
a. Menyediakan wahana dan masukana bagi siswa semoga sanggup mengapresiasi musik tempat lain sehingga tercipta rasa saling menghargai dan rasa gembira mempunyai keragaman musik tradisi Indonesia;
b. Membentuk sifat dan kepribadian siswa semoga berbudi pekerti luhur.
c. Tersedianya wahana untuk mengapresiasi keragaman musik tradisi tempat lain;
d. Terciptanya rasa saling menghargaai dan rasa gembira mempunyai ragam musik tradisi;
e. Terbentuknya sifat dan kepribadian siswa yang berbudi pekerti dan berkarakter luhur.
3. Tema
“Mendulang Kreativitas, Memupuk Pekerti, hingga tercipta Karakter Luhur Anak Indonesia”
4. Materi Festival
Materi bazar ialah musik garapan baru/kreativitas (belum pernah dipentaskan sebelumnya) yang bersumber atau berpijak dari musik tradisi setempat (mengusung kearifan lokal).
5. Ketentuan Lomba
a. Jumlah akseptor setiap grup/kontingen terbaik 5 (lima) orang;
b. Setiap grup/kontingen boleh terdiri dari putra saja, putri saja, atau adonan putra dan putri;
c. Instrumen musik yang dipakai ialah instrumen musik tempat setempat (bukan dari tempat lain);
d. Instrumen musik yang dipakai ialah instrumen musik akustik (non elektrik);
e. Penata musik diperbolehkan orang dewasa;
f. Repertoar karya yang disajikan ialah sebuah garapan musik (perpaduan vokal dan instrumental) dan ialah kesatuan garapan yang utuh;
g. Waktu penyajian terbaik 15 menit (tidak termasuk persiapan);
h. Kostum/busana yang dikenakan peserta/pemusik ialah pakaian tempat masing-masing;
i. Peserta membawa alat musik sendiri (panitia tidak menyedian alat musik).
C. Festival Kreativitas Seni Tari
1. Latar Belakang
Seni tari menjadi serpihan penting dalam kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan siklus hidup insan dan mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Hubungannya dengan tingkah laku, khususnya menandai peralihan tingkatan kehidupan seseorang, baik secara individu maupun dalam kelompok masyarakat. Seni tari pun sebagai masukana pengenalan dan pengajaran kecerdikan pekerti, melatih kesabaran, menghargai sesama serta membuatkan kreativitas.
Pemahaman kreativitas seni tari ialah ialah kemampuan seorang guru tari atau siswa sebagai penata tari dalam menciptakan, memadukan atau mengkombinasikan gerak tari dengan aspek kehidupan di dunia ini. Aspek kehidupan tersebut antara lain ialah kehidupan antar sesama manusia, kehidupan tumbuhan dan fauna , kehidupan insan dengan alam lingkungannya.
Kekayaan tumbuhan dan fauna Indonesia sangatlah bermacam-macam dan hidup dalam habitatnya masing-masing. Secara geografispun kehidupan tumbuhan dan fauna menjadi ciri khas di masing-masing tempat di Indonesia Manusia sebagai makhluk ciptaan NYA mempunyai kewajiban menjaga, memelihara serta membuatkan kehidupan tumbuhan dan fauna tersebut.
Upaya-upaya insan tersebut sanggup diwujudkan dalam sebuah karya seni, khususnya seni tari. Proses kreatif dalam berkarya seni yang meliputi eksplorasi/penjajagan, improvisasi hingga ke tahap pembentukan akan menyadarkan insan terhadap upaya-upaya positif untuk kelangsungan hidup tumbuhan dan fauna.
Beberapa karya seni tari dari banyak sekali tempat di Indonesia sudah mengangkat serta mengungkap kehidupan fauna contohnya tari Merak, tari Kijang Tari Manuk Rawa dan sebagainya. Namun demikian masih sangat sedikit karya tari tempat yang mengangkat atau mengungkap keindahan flora, sehingga hal ini mempersembahkan tantangan untuk memacu kreativitas dalam membuat karya tari baru.
2. Tujuan
Festival kreativitas seni tari bertujuan:
a. Menggali potensi, membuatkan serta melestarikan seni budaya khususnya tari yang tersebar di 34 provinsi seluruh wilayah NKRI;
b. Membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni tari dengan menanamkan rasa cinta budaya khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
c. Mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa.
d. Membangkitkan daya juang, dalam rangka pembangunan aksara bangsa
3. Subtema Tari
Tema tari ialah pokok pemikiran dalam mengetengahkan kehidupan yang hendak disampaikan kepada orang lain melalui media gerak khususnya seni tari.
Tema tari untuk bidang kreativitas seni tari tahun 2017 ialah “Flora dan Fauna“, (boleh salah satu atau keduanya ).
4. Materi Lomba
Materi yang ditampilkan ialah tari garapan gres yang berakar pada gerak tari tradisi tempat setempat dengan tema tumbuhan dan atau fauna.
5. Ketentuan Festival
a. Durasi penyajian ialah 5-7 menit.
b. Jumlah penari dalam satu kelompok 5 orang.
c. Siswa (penari) diwajibkan terlibat eksklusif dalam proses penggarapan (penyusunan tari).
d. Setiap kelompok boleh terdiri dari kelabuin sejenis (laki-laki atau perempuan) atau adonan (laki-laki dan perempuan) sesuai dengan kebutuhan.
e. Musik ienteng tari memakai CD atau flash disk/USB, disediakan oleh masing-masing akseptor (dimasukankan yang utama memakai flash disk/USB, alasannya ialah CD sering mengalami tak terbaca oleh player dan lompat track.
f. Tata rias dan busana disediakan oleh peserta.
g. Tidak diperkenankan memakai properti tari berupa benda tajam, api, benda mudah terbakar, atau benda lain yang membahayakan.
h. Menyerahkan sinopsis tarian yang akan disajikan rangkap 4. Sinopsis ialah suatu rangkaian klarifikasi singkat yang ditulis dan akan dibacakan sebelum akseptor tampil.
i. Tata cahaya panggung bersifat general.
D. Lomba Menyanyi Solo
1. Latar belakang
Kegiatan kesenian ialah wahana untuk mengekspresikan diri, melatih kepekaan dan kehalusan rasa, melatih disiplin dan tanggungjawaban, serta penanaman nilai nilai budaya kepada siswa.
2. Tujuan
a. Mendorong dan membuatkan potensi serta menyalurkan minat dan bakat seni menyanyi solo
b. Menggali dan memupuk kreativitas siswa dalam bernyanyi.
c. Meningkatkan kepekaan/ memperhalus rasa dalam upaya pembentukan karakter siswa.
d. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, cinta tanah air dan memupuk sikap saling menghargai antar sesama siswa.
e. Menumbuhkan rasa mempunyai dan menghargai keguakaragaman budaya bangsa.
3. Tema
Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui penghargaan terhadap keragaman budaya bangsa.
4. Materi lomba:
Lagu wajib babak penyisihan :
- Indonesia Jaya ciptaan Chaken Matulatuwa
Lagu wajib babak tamat :
- Sabda Alam ciptaan Chrisye/ Junaedy
Lagu pilihan :
Lagu dari tempat masing-masing atau lagu dari tempat lain di Indonesia.
Lagu pilihan untuk babak tamat boleh sama atau tidak sama dengan lagu untuk babak penyisihan
E. Lomba Cipta dan Baca Puisi
Tujuan
a. Meningkatkan dan membuatkan apresiasi karya sastra di kalangan siswa SMP/MTs dan sederajat.
b. Menambah kreativitas serta kecintaan akan ilmu pengetahuan dalam bidang sastra khususnya mencipta dan membaca puisi.
c. Menampung dan menyalurkan bakat dan potensi siswa dibidang sastra dan keaktoran khususnya dalam bidang menulis dan membaca puisi.
d. Mengembangkan sikap kompetitif dan sportivitas dalam diri siswa semenjak dini.
e. Menanamkan dan membina kecintaan siswa terhadap karya budaya bangsa melalui potensi diri para siswa.
Tema
“Bertukar Tangkap dengan Lepas”
(Amir Hamzah)
Bentuk Lomba
a. Lomba dalam bentuk cipta puisi
b. Lomba dalam bentuk baca puisi
Peserta lomba cipta dan baca puisi persekolah spesialuntuk 1 pa dan 1 pi. Puisi yang dibacakan ialah puisi hasil ciptaan pada ketika lomba cipta puisi.
SELENGKAPNYA DOWNLOAD PETUNJUK PELAKSANAAN FLS2N Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2017 DAPAT DIUNDUH KLIK DI SINI.
NB
Baca Juga Petunjuk Teknis OSN Sekolah Menengah Pertama (KLIK DISINI)
Baca Juga Petunjuk Teknis O2SN Sekolah Menengah Pertama (KLIK DISINI)
Demikian isu ini disampaikan semoga bermanfaa.
===================================================
Posting Komentar untuk "Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Fls2n Smp Tahun 2017"