Ayo Ikut Lomba Mobile Edukasi 2015

Tujuan Lomba Mobile Edukasi 2015 :
- Memotivasi masyarakat untuk membuatkan materi mencar ilmu interaktif melalui perangkat handphone.
- Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya materi bimbing /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
- Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui materi ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
- Memperkaya konten pendidikan di internet.
- Diharapkan dari aktivitas ini BPMP beserta program-programnya sanggup dikenal dan dirasakan secara pribadi keuntungannya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Untuk mempopulerkan jadwal mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta membuatkan materi bimbing multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut berjulukan “Lomba Mobile Edukasi 2015” dengan tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.
Lomba Mobile Edukasi yaitu lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.
Samasukan dalam aktivitas ini yaitu pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba sanggup dimanfaatkan oleh seluruh manusia pendidikan dari seluruh jenjang. Adapun sasaran yang hendak di raih yaitu 120 konten yang diupload ke http://medukasi.kemdikbud.go.id.
Pelaksanaan Lomba Mobile Edukasi 2015
Pelaksanaan aktivitas lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu:
- Tahap Sosialisasi/Publikasi
- Tahap Pendaftaran/Pengumpulan Karya
- Tahap Seleksi Karya
- Tahap Grand Final
- Tahap Penyerahan hadiah.
- Waktu dan Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2015 hingga Selasa, 1 September 2015 secara online.
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 9.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Sesudah aktivitas sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 5 bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari banyak sekali tempat di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.
Langkah-langkah Pendaftaran
- Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
- Daftar menjadi peserta lomba.
- Nama user peserta yaitu alamat email yang didaftarkan
- melaluiataubersamaini menjadi peserta sanggup memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.
Persyaratan Peserta :
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan mengatakan bukti yang syah)
- Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan mengatakan surat keterangan dari kepala sekolah).
- Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
- Karakteristik Peserta
- Bersifat perorangan
- Bersifat kelompok terbaik 3 orang (panitia spesialuntuk menanggung biaya kemudahan spesialuntuk 1 orang ketika presentasi di babak final)
- Karya yaitu orisinil dalam inspirasi dan kreasi yang sanggup dibuktikan dalam penjurian.
- Karya berupa jadwal Aplikasi mobile yang sanggup memperkaya konten di website m-edukasi (proses instalasi tidak melibatkan website pihak ketiga/app store).
- Aplikasi Mobile yang dimaksud yaitu aplikasi yang dijalankan pada perangkat handphone, smartphone atau tablet. boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya).
- Didalam jadwal mencantumkan splash screen dengan standar yang sudah ditentukan panitia (didownload di website lomba).
- Materi bebas tetapi dihentikan sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat daftar).
- Disajikan dengan memakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
- Peserta yang masuk selesai 15 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource ketika presentasi di Grandfinal.
- Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
- Syarat utama karya yaitu "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Peserta diwajibkan aktif mengikuti diberita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media umum resmi lomba.
- Panitia tidak mendapatkan komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti diberita/informasi dari panitia lomba.
- Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id biar sanggup dimanfaatkan oleh seluruh manusia pendidikan.
- Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah diputuskan.
- Keputusan panitia dan/atau juri tidak sanggup diganggu gugat.
Sumber: http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/indexweb.php
SILAHKAN BACA INFO MENARIK LAINNYA
DOWNLOAD PMK NO 129 /PMK.01/2015 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LiNGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN (Klik Disini)
Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaa.
===================================================
Posting Komentar untuk "Ayo Ikut Lomba Mobile Edukasi 2015"